Apa yang Harus Kita Ketahui Tentang Pembangunan dan Pengelolaan Lab

Ilmu-ilmu dasar seperti Fisika, kimia, matematika atau Biologi mungkin bagi kita bukanlah mata pelajaran favorit, tapi pelajaran seperti ini yang membuat hidup kita semakin berkembang dan menjadi seperti sekarang ini.

Apabila pelajaran-pelajaran tersebut tidak ada, bayangkan mungkin kita tidak dapat meredakan sakit kepala kita dengan obat pereda rasa sakit, kita tidak dapat menemukan hal-hal luar biasa melalui internet dan sebagainya.

Tanpa mengecilkan pelajaran-pelajaran lain, pelajaran-pelajaran seperti inilah yang dapat memberikan dampak besar bagi perkembangan hidup manusia.

Ilmu biologi, fisika, kimia dan bidang ilmu lain yang terlihat sangat sulit sebenarnya akan menjadi mudah dipelajari jika kita menggunakan alat bantu pengajaran seperti alat lab atau alat peraga contohnya mikroskop, timbangan, model-model anatomi tubuh manusia (torso, rangka manusia) dan sebagainya.

Ilmu Kimia juga menjadi sangat mudah untuk dipahami jika kita melakukan praktek (praktikum) atau percobaan-percobaan di Lab. Bukan hanya itu, ternyata ilmu-ilmu tersebut berkaitan dengan kejadian-kejadian alam yang terjadi pada kehidupan kita sehari-hari.

Jika kita memiliki minat yang tinggi terhadap salah satu ilmu tersebut dan kita ingin menjadikannya sebagai sebuah profesi yang menyenangkan, maka ada beberapa cara yang bisa kita pakai contohnya adalah dengan membangun dan mengembangkan lab-lab Fisika, Kimia atau Biologi, menjadi manajer pengelola (Kepala) laboratorium dan sebagainya.

Membangun sebuah lab untuk bidang yang sangat kita suka dapat menjadi hal yang sangat menyenangkan. Lab kita bisa menjadi “rumah” bagi para peneliti-peneliti muda yang mempunyai ketertarikan dalam bidang ilmu fisika, kimia atau biologi.

Bukan hanya itu, di laboratorium kita juga dapat mengajarkan kepada orang-orang yang menganggap pelajaran-pelajaran yang sangat sulit menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan dan membuat mereka menjadi ingin tahu lebih jauh. Lab yang akan kita bangun mungkin belum sebesar lab-lab terkenal, tetapi sangat mungkin jika lab tersebut akan mengubah hidup banyak orang.

Yang perlu diperhatikan dalam kita membangun sebuah Lab adalah ruangan lab harus dengan ukuran yang tepat. Lalu ventilasi udara terutama untuk Lab Kimia karena penggunaan zat-zat kimia akan berbahaya bila tidak ada sirkulasi udara dan dapat mengganggu sistim pernafasan kita yang memerlukan udara segar. Lalu pengaturan cahaya dari luar ataupun pengaturan lampu adalah hal yang juga sangat penting.

Pada Lab kimia atau Biologi, cahaya dapat berperan penting dan menyebabkan reaksi tertentu pada objek percobaan, maka pastikan untuk mengatur pencahayaannya. Selain itu juga kita perlu mengatur suhu/temperatur ruang lab sehingga diperlukan alat pengatur suhu/temperatur ruang yang efektif.

Terakhir adalah kita harus perhatikan juga fasilitas pendukung untuk melakukan percobaan/praktikum selain alat-alat lab seperti meja kerja, kran air, gas dan lain sebagainya.

Dalam sebuah laboratorium yang pasti kita akan membutuhkan banyak alat-alat lab maupun alat peraga dan jenisnya tentu saja tergantung pada jenis laboratorium yang akan kita bangun. Beberapa alat dasar yangdibutuhkan seperti mikroskop, indikator keasaman, goggles, sarung tangan, petri dan lain sebagainya (kita akan menemukan semua alat lab dan peraga yang kita butuhkan di AlatLabPeraga.com).

Selain alat-alat lab kita membutuhkan pula  unit komputer untuk mencatat perkembangan eksperimen dan membuat jurnal kegiatan lab.Dan paling akhir adalah alat-alat yang tak kalah penting yang sangat kita butuhkan yaitu alat-alat yang berhubungan dengan keamanan. Alat-alat tersebut dapat menyelamatkan nyawa kita pada saat terjadi keadaan darurat.

Di dalam kegiatan suatu Lab tidak terlepas dari kebutuhan adanya pengaturan serta manajemen pengelolaan Lab, disini kita membutuhkan seorang manajer pengelola lab yang merupakan salah satu pekerjaan yang cukup diminati di Negara-negara maju.

Siapapun kita, jika kita ingin membangun sebuah lab kita sendiri dan menjalankan pengelolaannya seorang diri, maka secara otomatis kita akan belajar menjadi seorang manajer pengelola lab.

Kunci pekerjaan ini adalah perencanaan yang matang dalam mencapai tujuan jangka pendek dan panjang yang akan kita terapkan pada lab kita.

Tugas dasar sebuah tim manajemen pengelolaan lab adalah mengatur dan bertanggung jawab atas pengoperasian lab serta aktifitas belajar di laboratorium. Tentu saja, seorang manajer pengelolaan lab harus berasal dari latar belakang pendidikan yang sama dengan jenis lab yang ditanganinya. Tidak jarang untuk tim pengelolaan lab diharuskan memberi penjelasan mengenai materi percobaan atau menangani suatu eksperimen.

Berikut beberapa contoh pekerjaan tim manajemen pengelolaan lab. Suatu tim atau personel harus dapat melatih, mengawasi dan memberi masukkan, bahkan solusi terhadap apa yang terjadi di lab. Mereka juga diharuskan untuk mengajar teknik-teknik dan praktek lab.

Penjadwalan dan perencanaan aktifitas lab juga menjadi tanggung jawab seorang manajer pengelolaan lab. Urusan keuangan juga menjadi bagian dari tanggung jawab manajer pengelolaan lab. Tentu saja, bendahara menjadi pelaksana tugas-tugas keuangan, tetapi tanggung jawab tertinggi ada pada manajer pengelolaan lab. Survey, proyek dan pengajaran juga menjadi tugas tetap seorang manajer pengelolaan lab. Untuk suatu proyek, manajer pengelolaan lab memegang penuh tanggung jawab untuk pengawasan dan pengelolaan keuangan.

Di negara maju, seorang manajer pengelolaan lab harus mempunyai latar belakang pendidikan paling tidak master. Empat tahun pengalaman mengajar dan pengalaman satu tahun sebagai manajer pengelolaan lab juga menjadi syarat mutlak. Membangun lab kita sendiri ataupun menjadi orang yang paling bertanggungjawab di lab dapat memberikan pengalaman yang sangat berarti bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Berkembangnya ilmu pengetahuan tidak terlepas dari peran sebuah laboratorium karena melalui laboratorium lah muncul penemuan-penemuan baru. Dan mengingat peran Lab yang sangat besar tersebut maka perlunya seorang manajer Lab yang akan  membangun dan mengelola lab secara professional.

Rating 3.00 out of 5


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dengan memberi komentar berarti anda telah ikut mengembangkan situs ini. Terimakasih.

Get Adobe Flash playerPlugin by wpburn.com wordpress themes